Sabtu, 01 Oktober 2016

Ini Deretan Sumber Kalsium Selain Susu

Baru-baru ini penelitian menyebutkan bahwa tidak hanya susu yang memiliki kandungan kalsium, melainkan masih banyak lagi makanan dari bentuk sayuran yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

Ini deretan sumber kalsium selain susu | Selama ini kita mengenal bahwa susu adalah sumber kalsium tertinggi. Tapi tahukah anda, masih banyak makanan lainnya yang mengandung kalsium tinggi misalnya sayuran hijau, sarden, kacam almond dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai jenis-jenis makanan yang mengandung kalsium, ada baiknya kita mengenal dan mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu kalsium dan fungsinya bagi tubuh kita.

Apa itu Kalsium (Ca)?

Kalsium adalah makro mineral yaitu mineral yang amat sangat dibutuhkan tubuh lebih dari 100mg per hari. Fungsi utama kalsium adalah berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Dan jika tubuh kita kekurangan kalsium bisa menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu dan mengalami osteoporosis. Maka dari itu untuk mencegah kekurangan kalsium, biasanya orang-orang lebih memilih susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Mungkin karena mereka belum tahu bahwa kalsium juga terdapat dalam beberapa jenis makanan selain susu.

Rincian kebutuhan kalsium :
  • 800 mg untuk dewasa di atas 25 tahun
  • 1.000 mg setelah usia 50 tahun.
  • Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari 

Kebutuhan kalsium anak-anak dan remaja meningkat sesuai usia:
  • Bayi berumur s.d. 5 bulan : 400 mg
  • Bayi 6 bulan s.d. 1 tahun : 600 mg
  • Anak usia 1 s.d. 10 tahun : 800 mg
  • Remaja usia 11 s.d. 24 tahun: 1.200 mg

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia


Ada beberapa manfaat kalsium bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Mengaktifkan saraf
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Melenturkan otot
  4. Menormalkan tekanan darah
  5. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
  6. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  7. Mencegah osteoporosis (keropos tulang)
  8. Mencegah penyakit jantung
  9. Menurunkan risiko kanker usus
  10. Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
  11. Mengatasi keluhan saat haid dan menopause
  12. Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
  13. Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
  14. Mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan
  15. Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah
  16. Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)

Berikut inilah Ini Deretan Sumber Kalsium Selain Susu Yang Perlu Anda Ketahui


Sayuran yang terdapat kandungan kalsium
  • Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat mudah ditemui dimana-mana. Bayam biasa diolah menjadi sayur bening atau sup, sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna ternyata memiliki kandungan kalsium yang tidak main-main. Bayam ternyata mampu menghasilkan 200 mg kalsium, yang tentu saja akan sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari.
  • Lobak

Lobak menghasilakn 200 mg kalsium per batang, yang akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan kalsium anda sehari hari. Sayuran yang biasa ditemui pada masakan soto atau acar ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi pemenuhan kalsium anda sehari-hari.
  • Kol

Jenis sayuran yang bisa kitaa temukan dalam sup, cap cay, siomay dan berguna sebagai makanan rendah kolesterol. Kol atau kubis ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 90 mg kalsium.
  • Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang digemari oleh masyarakat luas. Seperti kebanyakan sayuran hijau lainnya yang memiliki serat tinggi yang banya dikonsumsi sebagai makanan untuk diet sehat. Disamping itu, brokoli ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebanyak 180 mg.
  • Bokchoy

Bokchoy merupakan sayuran hijau yang mirip seperti daun sawi. Memiliki kandungan serat yang tinggi, bokchoy juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 74 mg.
  • Kangkung

Sayuran hijau memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Kangkung, selain memiliki serat yang tinggi, juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan sangat baik bagi konsumsi sehari – hari.

kacang-kacangan atau bijibijian yang terdapat kandungan kalsium
  • Kacang Kedelai

Bagi yang menyukai kacang-kacangan kemungkinan sudah tidak asing dengan kacang kedelai ini. Kacang kedelai biasa dijual secara kiloan di pasar-pasar tradisional ini ternyata merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. 1 cangkir kacang kedelai rebus memiliki kandungan kalsium sebesar  261 mg.
  • Kacang Putih

Merupakan jenis kacang-kacangan yang mudah diperoleh di pasar trafisional ataupun pasar modern sekalipun. Kacang putih ini memiliki kandungan kalsium sebanyak 175 mg.
  • Biji Wijen

Biji wijen biasa digunakan sebagai garnish atau topping dari suatu makanan saja. Namun siapa sangka, walaupun biasa digunakan dalam jumlah yang sedikik, setiap 1 ons  biji wijen ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebesar 280 mg.
  • Kacang Almond

Almond biasa dicampurkan ke dalam olahan lain, seperti kue dan coklat. Namun ternyata selain kaya kandunagn vitamin E, kalium dan zat besi, kacang almond memiliki kandungan kalsium sebanyak 72 mg perr ¼ cangkirnya.
  • Edamame

Edamame atau kacang kedelai jepang memiliki kadar kalsium yang tinggi, yaitu sekitar 98 mg kalsium. Kacang edamame ini bisa dikonsumsi dengan cara merebusnya dan lbisa angsung dimakan.

Buah-buahan yang terdapat kandungan kalsium
  • Jeruk

Jeruk merupakan buah yang terkenal akan vitamin C nya. Namun, selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam satu buahnya, yaitu sebanyak 65 mg kalsium.
  • Buah Ara

Buah ara mungkin kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun, buah ara merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebesar 107 mg kalsium per 2 buahnya.
  • Pisang

Pisang merupakan buah-buahan yang sangat bermanfaat. Memiliki kandungan mineral yang sangat banyak, antara lain kalium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium.
  • Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak keunggulan. Selain baik untuk kesehatan kulit, dan memiliki banyak sekali vitamin yang terkandung, buah alpukat juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang dapat memnuhi kebutuhan kalsium anda dalam sehari.

Terus kunjungi situs http://obatherbalinsomniaterbaik.blogspot.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. 

Ini Deretan Sumber Kalsium Selain Susu

0 komentar:

Posting Komentar