Rabu, 26 Oktober 2016

Gangguan Tidur Hypnic Jerk Yang Perlu Di Ketahui

Mungkin anda bingung kenapa hampir setiap kali tertidur Anda selalu terbangun dengan kondisi kaget atau tersentak. Anda mungkin menderita hypnic jerk. Pahami lebih lanjut mengenai hypnic jerk, agar tidur anda tidak terganggu.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu blogspot resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar gangguan tidur hypnic jerk yang perlu di ketahui.

Gangguan tidur hypnic jerk yang perlu di ketahui | Hypnic jerk atau myoclonus adalah kondisi di mana tubuh mengalami kedutan atau kejang singkat dan tiba-tiba, saat seseorang sedang jatuh kedalam tidur. Selain itu, penderita hypnic jerk juga dapat mengalami gejala seperti mendengar suara letusan kecil atau seperti melihat kilatan cahaya, sentakan atau kejang yang terjadi cepat, tidak beraturan, dan meliputi seluruh atau bagian tubuh tertentu. Hypnic jerk yang cukup parah bisa menimbulkan gangguan berjalan, bicara, atau makan.

Sekilas Seputar hypnic jerk

Hypnic jerk merupakan kedutan otot yang terjadi ketika Anda tertidur. Secara ilmiah fenomena ini, disebut dengan hypnagogic state of consciousness atau menyentak kesadaran. Biasanya akan terjadi sentakan kuat yang akan mempengaruhi seluruh tubuh. Namun, kaki dan tangan merupakan bagian tubuh yang paling terpengaruh. Hynic jerk biasanya disertai dengan perasaan bahwa Anda terjatuh, flash sensorik, dan mimpi visual atau halusinasi.

Ketika mengalami hypnic jerk, biasanya anda akan merasakan sensasi seperti akan terjatuh yang menyebabkan Anda terbangun dengan tiba-tiba. Perasaan lain yang biasa dialami adalah mimpi melompat atau berjalan, kemudian terjatuh. Sebenarnya, kedutan otot yang terjadi pada hypnic jerk ini tak hanya terjadi ketika Anda tidur, cegukan adalah salah satu kedutan otot yang sering Anda jumpai.
Mengapa terjadi hypnic jerk?

Ada dua teori yang menjelaskan penyebab terjadinya hypnic jerk, yaitu:
  • Relaksasi otot

Teori ini menjelaskan bahwa hypnic jerk adalah bagian normal dari sistem saraf yang melambat saat tidur. Seperti napas dan detak jantung yang melambat, otot juga akan berelaksasi. Relaksasi otot inilah yang menyebabkan hypnic jerk.
 
  • Refleks otak

Saat Anda tertidur, otak kadang jadi bingung dan berpikir bahwa Anda terjatuh. Oleh karena itu, otak akan mengirimkan sinyal ke lengan dan kaki agar pindah ke posisi tegak, sehingga menimbulkan sensasi tersentak.

Tips Untuk Mengatasi Hypnic Jerk


Perlu Anda ingat bahwa hypnic jerk juga dapat terjadi pada seseorang yang sehat. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika Anda pernah mengalami ini. Sebisa mungkin, kurangi hal-hal yang bisa meningkatkan risiko mengalami hypnic jerk. Misalnya kurangi konsumsi kafein, atasi stres atau kegelisahaan Anda, dan usahakan untuk tidak melakukan pekerjaan berat pada malam hari.

Namun, jika kondisi ini semakin menganggu jam tidur Anda sehingga membuat Anda menjadi sangat lelah, cobalah untuk mengonsultasikannya ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan beberapa jenis obat yang dapat mengurangi gejala hypnic jerk. Adapun obat-obatan yang mungkin diberikan adalah valproic acid (Depakene), levetiracetam (Keppra), primidone (mysoline), dan clonazepam (Klonopin).

Operasi bisa membantu kondisi hypnic jerk memengaruhi bagian telinga dan wajah, serta yang disebabkan oleh masalah pada saraf tulang belakang, tumor, atau luka pada otak. Terapi suntik botox dapat meredakan kontraksi otot pada gejala hypnic jerk yang hanya memengaruhi satu area tubuh.

Terus kunjungi situs http://obatherbalinsomniaterbaik.blogspot.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga artikel menarik lainnya | Tips Mendapatkan Tidur yang Sehat

1 komentar:

  1. Sering di kecewakan oleh website lain? Coba di JAGODOMINO disini kami berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan bagi setiap member kami... Prinsip kami Member nomor 1 oleh karena itu CS kami yang berpengalaman siap membantu Anda 24/7... Di JAGODOMINO kami juga memberikan BONUS - BONUS MENARIK......

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus